Asimilasi Budaya Busana


Pada zaman  dahulu  masyarakat  Jawa identik dengan menggunakan busana kebaya dalam kehidupan sehari-harinya, hampir semua kegiatan memakai busana kebaya.  Lain halnya dengan zaman sekarang semakin canggihnya teknologi semakin maju pula globalisasi maka semakin juga orang orang meninggalkan budaya berpakaian kebaya. Masyarakat hanya menggunakan kebaya dalam acara tertentu seperti pernikahan dan pawai.

Nah itu merupakan wanita berkebaya zaman dahulu.

Masyarakat jaman sekarang lebih dominan memakai pakaian seperti rok, kaos, celana, kemeja, dan lain-lain. Semua pakaian itu merupakan percampuran dari beberapa kebudayaan negara asing di seluruh dunia. Percampuran kebudayaan berpakaian dari berbagai budaya tersebut membutuhkan waktu yang lama sehingga menghasilkan sebuah kebudayaan berpakaian yang baru.   

Dan ini adalah busana wanita sekarang.

Kebudayaan baru itu tentu saja menimbulkan masalah di lingkungan masyarakat yaitu hilangnya kebudayaan asli dari kebudayaan negara itu sendiri. Karena adanya kebudayaan berpakaian yang baru maka hilanglah kebiasaan masyarakat untuk memakai busana kebaya. Dapat di simpulkan bahwa itu termasuk Asimilasi Kebudayaan karena pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru.

Komentar

Postingan Populer